“BALAP PERAHU KATINTING”
“ HUT KABUPATEN POSO 2012”
Di dukung oleh PT.Honda Indonesia & CV.MARCO
Event Organizer:
FOBAR POSO
KABUPATEN POSO
2012
A. LATAR BELAKANG
Dalam era moderan dewasa ini dalam bidang kelautan, khususnya bidang Transportasi dilaut,sungai dan danau dalam sakala kecil, produk Mesin Katinting HONDA maupun merek lain juga mengalami perkembangan yang signifikan. Banyak fitur dan teknologi maupun kecanggihan yang ditawarkan dalam berbagai produk Mesin Katinting yang beredar dipasaran. Hal ini juga berdampak pada selera masyarakat dalam membeli sebuah produk Mesin Katinting. Kebanyakan masyarakat dewasa ini mencari dari segi fitur-fitur yang ditawarkan, tetapi hal tersebut juga sebanding dengan uang yang harus mereka keluarkan untuk membeli produk laptop berteknologi tinggi. Dari hal itulah kami sebagai tim penyaji mencoba melakukan riset khususnya melalui lomba yang diadakan Honda Indonesia yg bekerjasama dengan cv marco poso ini dalam rangka mengembangkan ide marketing kami untuk perkembangan teknologi dalam mesin ketinting honda” khususnya. Untuk itu dalam proposal ini kami mencoba memberikan dan memaparkan ide-ide dan gagasan baru. Dengan maksud agar ide inovasi dari kami dapat diterapkan dan eksistensi dari mesin ketinting merek Honda “honda” mampu bertahan dan berkembang secara siginifikan.
Berhubungan dengan selera masyarakat dalam membeli sebuah produk mesin katinting, sering masih jadi bahan pertimbangan dalam memilih sebuah produk honda yaitu antara buatan dalam negeri dengan mesin buatan luar negeri dan tentunya untuk dapat memiliki sebuah mesin katinting dengan kualitas yang benar bagus juga sebanding dengan uang yang harus mereka bayar. Dalam hal ini tentu saja dari segi kualitas benar-benar menjadi jaminan.
Berdasarkan kasus di atas, untuk itu kami sebagai tim penyaji bersama-sama untuk menggagas berbagai ide inovatif untuk dapat dikembangkan dan direalisasikan nantinya untuk inovasi teknologi dalam produk mesin katinting “HONDA”, yang tentunya juga kami teliti berdasar selera pasar akan produk MESIN KATINTING “HONDA”. Masih berhubungan dengan perkembangan PRODUK-PRODUK “HONDA”, sesuai dengan tema lomba yang diadakan oleh pihak “PANTIA PELAKSANA” kali ini dengan tema “HONDA MAKIN TANGGUH DAN SELALU TERPERCAYA KUALITASNYA” yang juga berhubungan dan terfokus untuk pengembangan dari sisi “Kreatifitas”. Maka lewat ide tema marketing dari proposal kami yaitu “MESIN KATINTING HONDA,MESIN ANDALAN NELAYAN INDONESIA”, yang mengandung pengertian bahwa untuk kedepannya, diharapkan MESIN KATINTING “honda” bisa menerapkan sistem perpaduan teknologi tinggi tetapi tentunya juga merupakan MESIN KATINTING yang efisien, ekonomis, praktis, berbasis future teknologi, dan tentunya ramah lingkungan yang tentunya berkaitan dengan masalah “Global Warming” jadi mendukung juga gerakan “Green Peace” ( Hybrid ). Selain itu dalam pemasarannya selanjutnya diharapkan produk mesin katinting “HONDA” bisa mencapai puncak dan rating tinggi dalam segi penjualan.
B. TUJUAN
Pembuatan proposal ini bertujuan antara lain agar dari ide yang kami tulis dalam proposal ini dapat dijadikan bahan acuan sehingga kedepannya bisa direalisasikan dalam bentuk kegiatan Rutin LOMBA BALAP KATINTING yg dilaksanakan setahun sekali dan menjadi ajang penelelitian ketagguhan mesin honda terhadap mesin merek lain. serta dapat menjadi sebuah inovasi baru dan bermanfaat bagi perkembangan teknologi dalam meningkatkan kapastitas penyempurnaan mesin katinting honda dan dapat juga menjawab tantangan global bidang mesin katinting dan memenuhi selera pasar. Sehingga untuk teknologi yang sudah ada pada mesin katinting “HONDA” bisa dikembangkan sangat baik kedepannya.
C. HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil dari proposal yang kami ajukan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi “HONDA” untuk meningkatkan penjualan melalui ide dan inovasi baru yang tim kami ajukan sehingga “HONDA” dapat bertahan dan terus berkembang sebagai mesin katinting yang diminati oleh masyarakat luas.
“HONDA” diharapkan dapat menjadi standar mesin katinting yang benar-benar berguna dalam segala aspek teknologi, yang ekonomis, praktis, efisien, efektif dan berbasis future teknologi. Selain itu, “HONDA” diharapkan melalui ide yang telah diajukan dapat menjadi mesin katinting terbaik dengan inovasi yang tinggi.
D. PELAKSANAAN
1. Perancangan Kegiatan
Untuk tahap-tahap dalam perancangan kegiatan lomba balap katinting ini, dimulai dengan pembentukan panitia inti yg akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten Poso khususnya Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Poso, selanjutnya kami mulai dengan membuka pendaftaran sekaligus promosi lewat leaf leat,siaran radio lokal (Radio Matahari 96,2 FM Poso) dan memberitahu lewat kelompok nelayan yg ada di tiga kabupaten (Kab Poso, Tojo Una-una & Parigi Moutong).
2. Peserta
Target Peserta Lomba Balap Katinting ini sejumlah 60 peserta yang dibagi menjadi beberapa race dalam satu kategori, yaitu kategori tune up.
3. Metode Penilaian.
Metode penilainan dilakukan melalui dua tahap, tahap pertama pemeriksaan mesin oleh tim juri, selanjutnya pemeriksaan mesin setelah peserta masuk finish. Setelah mendaftar para calon peserta akan dibimbing melalui technical meeting tentang operasional lomba dan couching clinict tentang keunggulan mesi katinting HONDA.
4. Hadiah untuk Juara.
Juara I : Mesin Katinting Honda (Lengkap dgn As)
Juara II : Mesin Katinting Honda (Lengkap dgn As)
Juara III : Mesin katinting Honda (Lengkap dgn As)
Juara IV : Mesin katinting Honda (Lengkap dgn As)
E. LAMPIRAN
Untuk mendukung kevalidan data dalam proposal, kami juga sertakan tabel tentang jadwal kegiatan lomba dan estimasi anggaran yg akan digunakan.
JADWAL KEGIATAN LOMBA
Hari / Tanggal : 1 Maret 2012
Waktu : jam 13.00 s/d 17.00 Wita
Tempat Kegiatan : Start dari Tanjung Lawanga
Finis di TPI (Tempat Pelelangan Ikan Kelurahan Gebang Rejo
F. ESTIMASI ANGGARAN
No | Kegiatan | Biaya Satuan | Total | Keterangan |
1 | Perisaapan Pembentukan Panitia | @Rp.50.000 | Rp.250.000 | 5 orang panitia inti. |
2 | Alat Tulis Kantor Kertas A4 3 Rim Kertas Folio 3 Rim Kertas Karton 12 Lembar | @Rp.35.000 @Rp.35.000 @Rp.10.000 | Rp.105.000 Rp.105.000 Rp.120.00 | Untuk kebutuhan Surat menyurat |
3 | Kesekertariatan | @Rp.200.000 | Rp.400.000 | Beli Gula Kopi & Teh, Bayar Listrik & PDAM |
4 | Kaos Panitia | @Rp.25.000 | Rp.175.000 | Biaya Sablon untuk 7 lusin Kaos |
5 | Pengadaan Formulir Pendaftaran | @Rp.1.000 | Rp.100.000 | Formulir utk pendaftaran Peserta |
6 | Iklan Di Radio | @Rp.750.000 | Rp.750.000 | Untuk Satu Minggu Iklan Lomba |
7 | Honor Panitia | @Rp.500.000 | Rp.2.500.000 | Honor 5 org Panitia Inti |
8 | Honor Juri | @Rp.250.000 | Rp.750.000 | Honor 3 org Juri |
9 | Sewa Tenda | @Rp.250.000 | Rp.250.000 | Sewa tenda besi selama satu Hari |
10 | Sewa Sound Sistem | @Rp.1.500.000 | Rp.1.500.000 | Sewa selama satu hari |
11 | Sewa MC | @Rp.200.000 | Rp.400.000 | Dua Orang MC |
12 | Konsumsi | @Rp.10.000 | Rp.2.000.000 | Untuk 100 org peserta dan 100 org tamu undangan. |
13 | Dokumentasi | @Rp.1.000.000 | Rp.2.000.000 | Biaya untuk produksi Video & Foto |
14 | Transportasi | @Rp.250.000 | Rp.500.000 | Sewa rental selama dua hari |
15 | Cetak Undangan | @Rp.5.000 | Rp.500.000 | Undanga Deluxe untuk SKPD & DPRD (Pemda Poso) serta undangan untuk tokoh masyarakat. |
Total Anggaran | Rp.13.405.000 |
G. REKOMENDASI
1. Rekomendasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Poso.
2. Rekomendasi dari Dinas Perikanan & Kelautan Kabupaten Poso.
3. Rekomendasi dari DPRD Kabupaten Poso.
Poso, 9 Januari 2012
Panitia Pelaksana
FOBAR Poso
MOH.TAUFIK.D.UMAR
Ketua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar